Bahasa Indonesia Tidak Menjadi Tuan di Rumah Sendiri

Standard

JAKARTA, KOMPAS.com–Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mahsun berpendapat, bahasa Indonesia saat ini hampir tidak menjadi tuan di rumah sendiri.

“Kita saksikan bagaimana kondisi bahasa Indonesia saat ini yang hampir tidak menjadi tuan di rumah sendiri,” kata Mahsun pada Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2012 yang di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta, Selasa.

Bahasa Indonesia sekarang sudah mengalami berbagai perubahan terutama pada generasi muda muncul penggunaan baru di luar dari kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bahasa-bahasa yang digunakan generasi muda atau sering disebut bahasa “gaul” tersebut terus berkembang misalnya pencampuran bahasa asing, pemenggalan huruf dan sebagainya lebih dipilih untuk percakapan sehari-hari.

Menurut Mahsun, bahasa sebagai sarana komunikasi masyarakat yang menyepakatinya tidak ubahnya semacam organisme yang bisa hidup, tumbuh, dewasa dan juga mencapai kematian.

Hal itulah yang menyebabkan banyak bahasa yang sudah lenyap di dunia ini, tambah Mahsun. Padahal bahasa dan sastra mampu menyatukan perbedaan.

Mahsun menambahkan, bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam membentuk kerukunan hidup. Bangsa yang hidup rukun tidak hanya merupakan bangsa yang mampu memperlihatkan jati diri dan kepribadian yang kuat tapi juga bangsa yang penuh tanggung jawab, jujur berdisiplin, berkualitas dan berkompetensi tinggi.

Melalui kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra 2012 diharapkan dapat menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia dalam rangka mempererat kerukunan hidup kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Bulan Bahasa dan Sastra 2012 dilaksanakan selama satu bulan sepanjang Oktober dengan tema yang diangkat adalah “Bahasa Indonesia Perekat Kerukunan Hidup Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”.
Sumber :
ANT
Editor :
Jodhi Yudono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s