Hancurkan Reading, “The Gunners” Lolos “Uji Nyali” 12 Gol

Standard

READING, KOMPAS.com – Sempat tertinggal empat gol, Arsenal akhirnya menang 7-5 atas Reading dalam babak keempat Piala Liga Inggris di Stadion Madejski, Selasa atau Rabu (31/10/2012) dini hari WIB. Tiga gol kemenangan yang juga meloloskan Arsenal ke babak selanjutnya itu dicetak Marouane Chamakh dan Walcott pada babak tambahan setelah kedua tim bermain imbang 4-4 selama 90 menit.

Berstatus sebagai tuan rumah, Reading lebih dulu mengambil inisiatif menyerang pada menit-menit awal pertandingan. Bahkan, laga baru berjalan tiga menit, Arsenal hampir kebobolan jika sundulan Sean Morrison tidak membentur tiang gawang kiper Damian Martinez.

Pada menit ke-12, Jason Roberts benar-benar membuat pendukung tuan rumah bersorak setelah berhasil menembus jala Martinez. Mendapatkan umpan silang dari Hal Robson-Kanu, ia kemudian menyundul bola tanpa mampu dihalau Martinez. Skor 1-0 pun berubah untuk Reading.

Enam menit berselang, Reading berhasil menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 setelah bek Koscielny melakukan gol bunuh diri. Bermaksud memotong umpan silang Chris Gunter, bola dari usaha Koscielny itu justru masuk ke gawangnya sendiri.

Tertinggal dua gol cepat mempengaruhi mental Arsenal yang bermain dengan sejumlah pemain mudanya. Tak hanya sampai satu menit, Reading kembali menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-20. Kali ini, giliran kiper Martinez yang tidak sempurna menepis tembakan keras Mikele Leigertwood dari dalam kotak penalti, karena bolanya justru masuk ke gawangnya sendiri.

Arsenal berusaha keluar tekanan. Namun, barisan tengah “The Gunners” sering kehilangan bola ketika berupaya membangun serangan. Alur serangan yang dikomandoi Theo Walcott dan Andrei Arshavin pun tidak sempurna sehingga berhasil dengan mudah dipatahkan pemain Reading.

Ingin memperkecil kedudukan, justru Arsenal kembali kebobolan setelah Hunt mencetak gol keempat Reading pada menit ke-37. Memanfaatkan umpan silang matang dari Garath McCleary, ia kemudian menanduk bola untuk menambah keunggulan Reading menjadi 4-0.

Arsenal berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-4 pada injury time melalui Walcott. Mendapatkan umpan terobosan, pemain lincah tersebut kemudian mencungkil bola tanpa mampu dihalau kiper Adam Federici.

Di babak kedua, permainan Arsenal membaik. Pelatih Arsene Wenger pun mengubah strategi dengan memasukan Olivier Giroud menggantikan Serge Gnabry untuk menambah daya gedor anak asuhnya pada menit ke-61.

Perubahan itu pun berjalan sesuai rencana karena Giroud berhasil mencetak gol kedua Arsenal pada menit ke-64. Menerima umpan tendangan pojok, ia menanduk bola yang masuk ke dalam gawang Reading sekaligus memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4.

Dua menit menjelang akhir pertandingan, Koscielny membayar lunas kesalahannya setelah berhasil memperkecil skor menjadi 3-4. Pada injury time, Walcott pun memaksa Reading untuk melanjutkan pertandingan ke babak tambahan setelah berhasil mencetak gol keduanya pada menit ke-90+6.

Di babak tambahan, Arsenal terus menekan Reading. Pada menit ke-103, Chamakh membuat pendukung tim tamu bersorak setelah berhasil memaksa kiper Federici memungut bola kelima kalinya dari dalam gawangnya sekaligus membalikan kedudukan menjadi 5-4.

Reading berusaha membalas pada babak kedua perpanjangan waktu. Usaha itu pun berhasil setelah Pogrebnyak mampu mencetak gol kelima “The Royals” pada menit ke-115 untuk menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Tapi, skor itu tidak bertahan lama karena Walcott dan Chamakh berhasil kembali mencetak gol untuk mengubah papan skor menjadi 7-5 untuk Arsenal. Skor itu pun bertahan hingga babak perpanjangan waktu usai.

Susunan Pemain
Reading: 1-Adam Federici, 2-Chris Gunter, 3-Nicky Shorey, 15-Sean Morrison, 17-Kaspars Gorkss, 8-Mikele Leigertwood, 16-Jay Tabb, 19-Hal Robson-Kanu, 10-Noel Hunt (7-Pavel Pogrebnyak 73), 12-Garath McCleary (11-Jobi McAnuff 73), 33-Jason Roberts (18-Simon Chruch 90)

Arsenal: 36-Damian Martinez, 6-Laurent Koscielny, 20-Johan Djourou, 25-Carl Jenkinson, 54-Ignasi Miquel (53-Ignasi Meade 103), 14-Theo Walcott, 22-Francis Coquelin, 23-Andrei Arshavin, 26-Emmanuel Frimpong (47-Thomas Eisfeld 61), 47-Serge Gnabry (12-Oliver Giroud 61), 29-Marouane Chamakh.

visit to : http://www.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s